Tuesday, January 15, 2013

Contoh Essai "Dampak Positif Wajib Membaca"


DAMPAK POSITIF WAJIB MEMBACA

Dewasa ini salah satu tolok ukur untuk sebuah negara maju bisa kita lihat dari budaya membaca masyarakatnya yang berarti penduduk negara tersebut selalu ingin belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuannya. Indonesia adalah negara berkembang yang sedang giat-giatnya menanamkan budaya wajib baca bagi masyarakatnya terutama pelajar yang memang adalah calon pemimpin dan penerus bangsa.
Sengaja saya uraikan dampak positif wajib membaca karena saat ini banyak masyarakat usia pelajar yang tidak acuh dengan manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Membaca adalah hal yang sangat mudah dan dapat kita lakukan dimana saja seperti di sekolah,rumah,kantin dan kapan saja misalnya saat pagi,siang,sore dan malam. Membaca buku-buku, majalah, koran ataupun bacaan lainnya dapat memberikan dampak positif seperti berikut :
a.       Dengan membaca buku kita dapat memperoleh pengetahuan lebih dan tentu saja dalam hal ini buku yang kita konsumsi harus memenuhi criteria buku dengan tema ilmu pengetahuan.
b.      Membaca koran membuat kita dapat memperoleh informasi global termasuk isu-isu yang sedang hangat dibicarakan dunia, negara atau daerah lain di sekitar kita.
c.       Membaca juga akan membuat kita dapat membuka pikiran dan berpandangan lebih luas terhadap tema dari bacaan tersebut.
d.      Membaca buku fiksi dapat mengembangkan imajinasi yang merupakan fungsi dari otak kanan manusia.
Dari uraian dampak positif di atas dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya membaca itu banyak memberikan keuntungan. Walaupun kita tidak terlalu suka membaca namun mencoba untuk menerapkan wajib membaca setiap harinya maka perlahan-lahan kita akan merasakan manfaatnya.
Wajib membaca juga merupakan program dari pemerintah Indonesia untuk mewujudkan salah satu visi negara yang tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yaitu “…mencerdaskan kehidupan bangsa…” jadi sudah selayaknya kita mendukung program pemerintah itu dengan menjalankan wajib membaca.

0 comments:

Post a Comment

© Gado-Gado, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena